Tekad Kuat dan Rajin Menabung Antarkan Tuti Tukang Urut Berhaji

Hasyim
By Hasyim September 14, 2017 11:40

Tekad Kuat dan Rajin Menabung Antarkan Tuti Tukang Urut Berhaji

Namanya Tuti. Profesi sehari-harinya adalah tukang urut. Berangkat haji menjadi impiannya sejak puluhan tahun lalu. Setiap tahun, terlebih saat melihat orang pulang haji, keinginannya untuk menjadi dhuyufurrahman terus membuncah.

Apa yang diimpikan sejak dulu itu kini sudah dicapai. Tergabung dalam kloter 27 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 27), Tuti tahun ini berangkat haji. Uang hasil kerja keras menjadi tukang urut yang ditabungnya sedikit demi sedikit dalam enam tahun menjadi bekal dirinya berangkat menunaikan rukun Islam yang kelima.

Ditemui tim Media Center Haji (MCH) Daker Makkah, Rabu (13/09), Tuti berbagi kisah perjuangannya bisa mendaftar haji enam tahun silam. Menurutnya, keinginannya berhaji sudah terpendam sejak dulu. Keinginan itu semakin kuat karena dukungan anaknya. Dari hasil pernikahan dengan suaminya yang sudah wafat, Tuti dikaruniai tiga anak.

Saat suaminya wafat, anak tertuanya kelas 6 SD, sedang si bungsung masih TK. Sejak itu, Tuti membesarkan anaknya sendiri, single mother, hingga sekarang berbekal keterampilan sebagai tukang urut dan berjualan.

Keahlian Tuti mengurut diturunkan dari orang tuanya. Saat berusia 9 tahun, Tuti terjatuh hingga keseleo, lalu diurut bapaknya. Dari situ, Bapaknya mengatakan kalau akan menurunkan keahlian mengurutnya pada Tuti.

Sejak ditinggal suaminya, Tuti memanfaatkan keahliannya dengan membuka praktek tukang urut bayi, anak kecil sampai orang dewasa. Selain itu, dia juga berjualan kacang yang dibungkus dan dijual  di sekolah anaknya. “Anak-anak saya ajarkan hidup prihatin dan bersyukur,” ujar Tuti mengenang perjuangannya.

Menurutnya, laku prihatin sengaja diajarkan kepada anaknya sejak kecil. Maklum, hasil dari mengurut tidak menentu, apalagi dirinya tidak pernah memasang tarif, hanya seikhlasnya saja.

Perlahan, nama Tuti sebagai tukang urut semakin dikenal. Banyak pelanggang yang membutuhkan keahliannya. Kadang dalam satu hari bisa mencapai 15 orang.  Informasi dari mulut ke mulut menyebar sampai ke Bukit Golf Sentul Jawa Barat. Ada salah satu pasien Tuti yang sudah di vonis dokter saraf terjepit atau penyempitan urat syaraf. Bismillah, Tuti coba memberikan terapi urut secara rutin hingga membaik.

Saat ditanya berapa yang harus dibayar, Tuti menjawab seikhlasnya. Oleh keluarga pasien, Tuti akhirnya dikasih uang Rp300ribu sekali urut.

Rezeki terus bertambah, namun Tuti tidak berubah, semua dijalani dengan rasa syukur dan ikhlas. Niatnya berhaji pun semakin tergambar. Sebagian hasil kerjanya ditabung untuk bersiap menjadi tamu Sang Maha Rahman. “Alhamdulillah bisa saya tabung untuk berangkat haji,” tuturnya.

Perjalanan hidup Tuti tidak selalu berjalanan mulus, apalagi dengan profesinya sebagai tukang urut. Pernah suatu hari dia diminta mengurut seorang pria di rumahnya. Saat itu, Tuti mau membantu dengan catatan, harus ditemani istri yang mau diurut atau minimal pembantunya. Tuti tidak mau sendiri karena tidak mau ada fitnah.

Saat dia tiba, pintu rumah memang dibuka oleh pembantu pemilik rumah. Namun, setelah dia masuk, sang pembantu pergi entah ke mana. Tinggal lah Tuti berdua dengan pria yang akan diurutnya.

Rasa takut dan khawatir muncul. Karenanya, debelum mulai mengurut, Tuti meminta izin tuan rumah untuk shalat Sunah sebelum masuk waktu Asar. Tuti berdoa dan berzikir berharap lindungan Allah dari segala hal yang membahayakan.

Kekhawatiran Tuti terjawab. Lelaki  itu memang menyangka Tuti sebagai terapis urat dalam konteks negatif. Seketika Tuti meminta maaf dan menjelaskan dirinya bukan seperti yang dibayangkan. Dia pun meminta maaf dan pamit pulang. “Suka duka seorang tukang urut seperti ini kadang persepsi negatif timbul,” ujarnya.

Keterampilannya mengurut juga bermanfaat saat Tuti beribadah haji. Dia sering dimintai tolong mengurut jemaah perempuan. Penyebabnya beragam, ada yang hanya karena pegel, ada juga yang keseleo, bahkan urat terjepit. Namun, Tuti memilih membatasi aktivitasnya selama berhaji. Bukan tidak mau menolong, namun dirinya juga harus menjaga kondisi kesehatan dan fokus beribadah.

Kepada tim MCH, Tuti berbagi kisah tentang pengalamannya saat kali pertama melihat Kabah.  Waktu itu dia dan kloternya sedang umrah qudum. Di depan Kabah, Tuti merasa menemukan ketenangan dalam dirinya. Kesempatan itu dimanfaatkannya untuk berdoa bagi kebaikan orang tua, suami, dan anak, menantu, dan cucunya.

Tuti berharap semua selalu dalam perlindungan Allah, diampuni dosa dan kesalahannya, serta bahagia hidup dunia dan akhirat surga. Tuti juga berharap anak, menantu, dan cucunya dapat menjalankan ibadah haji kelak.

Tuti akan kembali ke Tanah Air pada 19 September mendatang. JKG 25 merupakan kloter terakhir pada pemberangkatan gelombang pertama. Usai berhaji, Tuti mengaku akan mulai mengurangi aktifitasnya sebagai tukang urut agar bisa menjalankan ibadah dengan baik. Dia juga akan lebih selektif menerima pasien, mungkin khusus anak-anak dan wanita. Namun, dia siap membantu siapa saja yang membutuhkan, hanya prioritasnya anak-anak dan wanita saja.

“Saya berharap mendapat haji yang mabrur. Semoga ke depan bertambah keimanan dan ketaqwaan saya. Saya ingin cari keberkahaan saja,” ujar Tuti.

Disinggung tetang layanan ibadah haji yang selama ini dirasakan,  Tuti menilai baik. Menempati hotel setingkat bintang 4 di sektor 1116, Tuti merasa nyaman. “Saya juga tahu dari teman-teman yang pernah berangkat sangat berbeda dengan tahun 2007 lalu,” terangnya.

Layanan katering juga baik. Distribusiannya tepat waktu sehingga tidak ada jemaah yang telat makan.

Namun, Tuti bersama teman kamarnya Munani  mengaku kecewa terkait adanya larangan membawa air Zamzam dalam koper. Dia mengaku sudah menyiapkan dan berharap bisa membawanya pulang.

Kesempatan bertemu Tuti dimanfaatkan tim MCH untuk sosialisasi bahwa aturan maskapai penerbangan melarang jemaah membawa air Zamzam dalam koper bagasi. Karenanya, setiap koper akan diperiksa melalui x ray, jika ada air Zamzamnya, akan dikeluarkan.

Sebagai bukti, tim MCH memperlihatkan foto dan video pemeriksaan air Zamzam jemaah haji. Melihat itu, Tuti dan Munani sadar bahwa aturannya memang melarang. Mereka berdua lalu minta sharing gambar untuk bisa mensosialisasikan juga kepada teman lainya. (danyl)

Hasyim
By Hasyim September 14, 2017 11:40
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

<

Recent Comments

  • Rapi Ramlan

    Rapi Ramlan

    Alhamdulillah muassasa haji beserta kedubes kita solid terus bisa melayani tamu allaah swt dengan baik penuh dedikasi

    View Article
  • Arbain S

    Arbain S

    Kapan pengumumannya Pak ...

    View Article
  • Andy Tamer

    Andy Tamer

    Smg kita bisa lebih memaximalkan kinerja petugas transportasi untuk melayani duyuf al rahman d th 2018 ini amien,...

    View Article