Layanan Imigrasi Saudi Dibuka di Embarkasi Jakarta dan Surabaya

Hasyim
By Hasyim June 8, 2018 14:52

Layanan Imigrasi Saudi Dibuka di Embarkasi Jakarta dan Surabaya

Jeddah (KUHI) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan layanan imigrasi Arab Saudi untuk jemaah haji akan dihadirkan di Indonesia. Namun demikian, untuk tahun ini layanan tersebut baru ada di Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) dan Embarkasi Surabaya (SUB).

“Untuk percontohan, tahun ini layanan imigrasi Arab Saudi dibuka di Embarkasi Jakarta-Pondok Gede dan Embarkasi Surabaya. Semoga tahun mendatang bisa dibuka di semua embarkasi,” kata Menag usai memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Operasional Haji di Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah, Kamis (07/06).

Rakor ini dihadiri Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Staf Khusus Menteri Agama Hadi Rahman, Sesditjen PHU Muhajirin Yanis, Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus M Arfi Hatim, Konjen RI di Jeddah M Heri Sarifudin, serta jajaran KUH-KJRI Jeddah.

Menurut Menag, layanan imigrasi itu meliputi verifikasi dokumen, pemindai sidik jari, dan pemberian stempel. Dengan layanan ini, jemaah bisa langsung menuju bus setibanya di Arab Saudi.

“Jemaah tidak perlu lagi melewati pemeriksaan imigrasi saat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah dan King Abdul Aziz Jeddah. Mereka bisa langsung menuju bus setibanya di bandara,” jelas Menag.

“Saudi akan mengirimkan petugas imigrasinya ke Indonesia untuk bertugas pada embarkasi Jakarta-Pondok Gede dan Embarkasi Surabaya,” sambungnya.

Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) menjadi tempat pemberangkatan jemaah yang berasal dari Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Lampung. Sedangkan Embarkasi Surabaya (SUB) menjadi tempat pemberangkatan jemaah dari Jawa Timur.

Adapun untuk layanan rekam biometrik dan sidik jari, Menag memastikan hal itu tetap akan dilakukan di seluruh embarkasi. Total ada 13 embarkasi, yaitu: Embarkasi Aceh (BTJ), Embarkasi Medan (MES), Embarkasi Padang (PDG), Embarkasi Batam (BTH), Embarkasi Palembang (PLM): Orange, Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG), Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS), Embarkasi Surakarta (SOC), Embarkasi Surabaya (SUB), Embarkasi Mataram (LOP), Embarkasi Banjarmasin (BDJ), Embarkasi Balikpapan (BPN), dan Embarkasi Ujung Pandang (UPG).(hsm/kuh)

Hasyim
By Hasyim June 8, 2018 14:52
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

<

Recent Comments

  • Rapi Ramlan

    Rapi Ramlan

    Alhamdulillah muassasa haji beserta kedubes kita solid terus bisa melayani tamu allaah swt dengan baik penuh dedikasi

    View Article
  • Arbain S

    Arbain S

    Kapan pengumumannya Pak ...

    View Article
  • Andy Tamer

    Andy Tamer

    Smg kita bisa lebih memaximalkan kinerja petugas transportasi untuk melayani duyuf al rahman d th 2018 ini amien,...

    View Article