Kasubdit Transportasi Haji Nyatakan Pelaksanaan Penyiapan Sudah 100%

Zaky Mubaraq
By Zaky Mubaraq April 26, 2018 02:40

Kasubdit Transportasi Haji Nyatakan Pelaksanaan Penyiapan Sudah 100%

Jeddah (KUH) Setelah bertugas kurang lebih 50 hari di Arab Saudi untuk penyiapan sarana transportasi jemaah haji, Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Transportasi Haji Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri Direktorat Jenderal (Ditjend) Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Haji RI Subhan Cholid dini hari (26/4) pukul 00.15 WAS bertolak ke tanah air.

Kasubdit layanan transportasi darat untuk jemaah haji ini menyatakan, seluruh kebutuhan dalam penyediaan transportasi haji pada musim ini sudah terpenuhi. Untuk pelayanan transportasi antar kota sudah terpilih 7 perusahaan, dan angkutan sholawat (bis angkutan untuk jemaah dari pemondokan ke masjid Al Haram, red) telah terpilih 2 perusahaan. Setelah itu tinggal finalisasi penyusunan rute, letak halte, dan arah terminal.

“Penyediaan transportasi sampai dengan tanggal 25 ini, seluruh kebutuhan layanan Alhamdulillah sudah terpenuhi. Untuk layanan antar kota sudah terpilih 7 perusahaan, dan untuk angkuta sholawat terpilih 2 perusahaan. Dengan telah terpilihnya perusahaan tersebut, maka tim tinggal menyelesaikan penyusunan akhir rute-rute, letak halte, dan arah terminal”, kata Subhan saat di bandara.

Subhan Cholid juga menyampaikan, peningkatan yang direncanakan telah terpenuhi untuk semua rute sarana transportasi jemaah. Diantaranya adalah dengan disepakatinya penggunaan bis yang dioperasikan minimal tahun produksi 2013, atau usia bis maksimal 5 tahun. Peningkatan tersebut baik diusahakan oleh misi haji kita atau oleh Naqaba (asosiasi angkutan darat, red). Dan Perusahaan terpilih telah berkomitmen untuk memberikan armada yang terbaik.

“Peningkatan layanan transportasi pada tahun ini adalah seluruh rute dapat dilakukan upgrade. Dengan menentukan usia bis paling tua tahun produksi 2013 atau usianya 5 tahun. Khusus untuk rute dari bandara ke luar baik dari bandara Madinah menuju hotel di Madinah, maupun bandara di Jeddah menuju ke Makkah, layanan upgrade-nya dilakukan oleh Naqaba”, kata Subhan.

“Pada rute selain itu, dari Madinah ke Makkah, dari Makkah ke Jeddah, dari Makkah ke Madinah, dan dari pemondokan Madinah menuju ke bandara Madinah upgrade-nya dilaksanakan oleh misi haji. Perusahaan yang terpilih sudah berkomitmen (pada kontrak, red) untuk memberikan armada yuang terbaik utuk kita”, lanjut Subhan.

Pada kesempatn yang sama, Subhan juga menyampaikan tentang pelayanan transportasi di wilayah maays’ir. Di wilayah tersebut masih sepenuhnya ditangani oleh Naqaba. Petugas transportasi untuk jemaah haji kita belum mendapat izin sepenuhnya untuk mengakses pengendalian layanan tersebut. Masih hanya sebatas konfirmasi kepada pengendali (Naqaba, red) apabila terjadi permasalahan pada sarana transportasi yang digunakan.

“Untuk angkutan masya’ir, penyendiaan dilaksanakan sepenuhnya oleh Naqabah. Kita belum bisa mengakses secara penuh terkait dengan pengendalian angkutan masyair itu. Naqbah berjanji bahwa seluruh armada yang beroperasi di masya’ir itu akan dikendalaikan secara langsung. Belum ada izin untuk mengakases pengendalian itu, kita hanya bisa mengkonfirmasi apabila ada armada bis yang bermasalah untuk segera dilaporkan dan akan segera langsung ditangani”, kata Subhan.

Saat dikonfirmasi tentang prosentase proses penyiapan sarana transportasi haji muisim ini secara keseluruhan, Subhan menyampaikan bahwa proses telah 100% dilaksanakan. Dan telah mendapat konfirmasi dari Staf Teknis Haji (STH) 1 Ahmad Dumyathi Bashori bahwa surat undangan untuk penandatangan kontrak bagi perusahaan terpilih telah dilayangkan.

“Proses penyediaan sudah 100%, tinggal kontrak saja. Konsul Haji telah menkonfirmasi bawa surat undangan kepada perusahaan terpilih untuk penandatanganan kontrak sudah dilayangkan. Rencananya tanggal 30 April kontrak itu ditandatangani oleh seluruh perusahaan yang terpilih”, tutur Subhan.(zky/KUH)

Zaky Mubaraq
By Zaky Mubaraq April 26, 2018 02:40
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

<

Recent Comments

  • Rapi Ramlan

    Rapi Ramlan

    Alhamdulillah muassasa haji beserta kedubes kita solid terus bisa melayani tamu allaah swt dengan baik penuh dedikasi

    View Article
  • Arbain S

    Arbain S

    Kapan pengumumannya Pak ...

    View Article
  • Andy Tamer

    Andy Tamer

    Smg kita bisa lebih memaximalkan kinerja petugas transportasi untuk melayani duyuf al rahman d th 2018 ini amien,...

    View Article