BPS Rilis Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia Dengan Predikat Sangat Memuaskan

Zaky Mubaraq
By Zaky Mubaraq November 22, 2018 18:12

BPS Rilis Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia Dengan Predikat Sangat Memuaskan

Jeddah (KUH – KJRI) Baru-baru ini, Badan Pusat Statistik merilis hasil survey Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) untuk periode 2018. Rilis dilakukan langsung oleh Kepala BPS Suharyanto bersama Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin.

Selama pelaksanaan operasional Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Arab Saudi, BPS dilibatkan dalam kepanitian tersebut. Agenda survey dijalankan langsung ke lapangan, yakni disektor pelayanan yang bersentuhan langsung dengan jemaah haji.

Seperti yang dirilis di website resmi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Ditjen PHU) Kementerian Agama RI, survey yang dilakukan selama musim haji tahun 1439H/2018M didapatkan hasil 85,23 dalam kategori sangat memuaskan. Ada kenaikan cukup signifikan hasil survey kepuasan jemaah haji Indonesia dari tahun lalu.

“Secara umum layanan pemerintah kepada jemaah haji Indonesia telah memenuhi kriteria “sangat memuaskan”. Dibandingkan dengan indeks kepuasan jemaah tahun lalu yang sebesar
84,85, indeks kepuasan layanan jemaah haji 2018 meningkat 0,38 poin,” tutur Suharyanto.

Berdasarkan perincian menurut jenis pelayanan, indeks kepuasan tertinggi terdapat pada pelayanan transportasi bus antarkota, yaitu sebesar 88,25. Kemudian berturut-turut adalah pelayanan bus sholawat (87,72), pelayanan petugas (87,38), pelayanan ibadah (87,12), pelayanan katering non-Armina (86,91). Lalu pelayanan akomodasi hotel (86,02), pelayanan lain-lain (85,61), pelayanan katering di Armina (84,38), pelayanan transportasi bus Armina (81,09), dan pelayanan tenda di Armina (77,59).

Pada kesempatan tersebut Suharyanto memaparkan, indeks kepuasan jemaah tertinggi terdapat pada pelayanan yang dilakukan selama di bandara, yaitu sebesar 89,01. Berikutnya secara berturut-turut pelayanan di Makkah (87,34), pelayanan di Madinah (85,73), dan pelayanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (82,60).

Seperti yang disampaikan Suharyanto pula pada saat itu, survey itu dilaksanakan oleh lima personil pilihan dari pegawai BPS yang terbaik. “Tim survey kami seleksi sangat ketat. Kami pilih orang dengan kinerja bagus dan kepedulian agama yang baik,” pungkasnya. (ab/ab, zky/kuh).

Zaky Mubaraq
By Zaky Mubaraq November 22, 2018 18:12
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

<

Recent Comments

  • Rapi Ramlan

    Rapi Ramlan

    Alhamdulillah muassasa haji beserta kedubes kita solid terus bisa melayani tamu allaah swt dengan baik penuh dedikasi

    View Article
  • Arbain S

    Arbain S

    Kapan pengumumannya Pak ...

    View Article
  • Andy Tamer

    Andy Tamer

    Smg kita bisa lebih memaximalkan kinerja petugas transportasi untuk melayani duyuf al rahman d th 2018 ini amien,...

    View Article