Menag Cek Pemondokan Jemaah Haji

iyan
By iyan June 19, 2017 13:56

Menag Cek Pemondokan Jemaah Haji

Madinah (KUHI) – Hari kedua di Saudi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengecek kesiapan hotel jemaah haji Indonesia di Madinah. Ikut mendampingi menag, Konjen RI di Jeddah Mohamad Hery Saripudin, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, serta Staf Teknis Haji KJRI Jeddah.

“Saya meminta petugas yang bertanggung jawab dalam bidang pemondokan, agar benar-benar memperhatikan rasio kepadatan antara luas ruang kamar dengan jumlah jamaah setiap kamar,” ucap Menag di Madinah, Minggu, 18 Juni 2018.

Menurut Menag, penempatan jemaah di setiap kamar tidak boleh melebihi ketentuan tasrih yang ditetapkan Pemerintah Saudi. Hal ini guna memastikan agar kenyamanan jemaah terjaga.

“Petugas pemondokan juga harus memastikan bahwa di setiap lantai tersedia dispenser untuk air minum jemaah,” katanya.

Dalam pengecekan kali ini, ada dua hotel yang ditinjau Menag Lukman. Hotel dengan jarak terdekat dan terjauh dari Masjid Nabawi. Hotel terdekat Masjid Nabawi adalah Hotel Al Majeedi.

Sementara itu ditambahkan Sri Ilham Lubis, hotel ini akan ditempati 10 ribu jemaah haji Indonesia. Menurutnya, ada kamar hotel yang memiliki view ke Masjid Nabawi.

“Karena sangat dekatnya, begitu kita keluar dari hotel, hanya beberapa langkah langsung dapat memasuki halaman Masjid Nabawi,” ujar Sri Ilham.

Adapun hotel terjauh adalah Hotel Anwar Fidi 1 dan 2. Hotel ini memiliki kapasitas masing-masing 450 orang. Jarak hotel ini dengan Masjid Nabawi sejauh 1,1 kilometer dan pihak penyedia akan menambahkan pelayanan transportasi.

“Meski jaraknya 1,1 kilometer, begitu jemaah keluar hotel dan berada di jalan utama, Masjid Nabawi bisa langsung terlihat,” katanya.

Selain pemondokan, Menag dan rombongan juga mengecek dapur penyedia katering jemaah haji Indonesia. Dapur yang dikunjungi kali ini adalah Bihar Haar yang baru dikontrak tahun ini untuk melayani konsumsi jemaah haji Indonesia di Madinah.

Menag dan rombongan kemudian mengakhiri pengecekan dengan mengunjungi Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. Menag dijadwalkan berada di Saudi sampai 22 Juni 2017 untuk mengecek kesiapan penyelenggaraan ibadah haji, baik di Madinah, Makkah, maupun di Arafah dan Mina.  (yan/kuh)

iyan
By iyan June 19, 2017 13:56
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

<

Recent Comments

  • Rapi Ramlan

    Rapi Ramlan

    Alhamdulillah muassasa haji beserta kedubes kita solid terus bisa melayani tamu allaah swt dengan baik penuh dedikasi

    View Article
  • Arbain S

    Arbain S

    Kapan pengumumannya Pak ...

    View Article
  • Andy Tamer

    Andy Tamer

    Smg kita bisa lebih memaximalkan kinerja petugas transportasi untuk melayani duyuf al rahman d th 2018 ini amien,...

    View Article