Saudi Tawarkan Solusi Persingkat Proses Keimigrasian Calhaj

Hasyim
By Hasyim May 26, 2018 16:27

Saudi Tawarkan Solusi Persingkat Proses Keimigrasian Calhaj

Jeddah (KUHI) – Kerajaan Arab Saudi (KSA) menawarkan solusi mempersingkat proses keimigrasian ibadah haji bagi calon jamaah haji (calhaj) Indonesia. Caranya dengan menggunakan perekaman data biometrik. Hal itu disebabkan selama ini calhaj harus mengantre lama saat berurusan dengan keimigrasian. “Sistem ini mempersingkat proses keimigrasian bagi calhaj Indonesia,” kata staf dari Direktorat Imigrasi Arab Saudi, Whaleed di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI, Jumat (18/5).

Ia menjelaskan proses biometrik dilakukan dengan foto dan rekam sidik jari. Proses perekaman hanya membutuhkan waktu tiga hingga empat menit. Pun proses perekaman dilakukan di Indonesia menggunakan peralatan yang didatangkan dari KSA.

Waleed mengatakan keuntungan proses perekaman biometrik memudahkan akses setiap calhaj asal Indonesia di imigrasi. Data yang terekam, yakni, bus apa yang akan digunakan calhaj, di mana tempat tinggal calhaj, bagaimana kondisi kesehatan calhaj, dan barang bawaan.

Waleed mengatakan, KSA akan mengirim sejumlah staf imigrasi untuk membantu proses perekaman data biometrik di Indonesia. Perekaman akan dilakukan bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kemenag. Nantinya, ada jalur khusus bagi jamaah yang sudah memiliki rekam biometrik, baik di Jeddah maupun Madinah. “Perlakukan pada calon jamaah haji Indonesia akan diperlakukan sebagaiman warga Saudi. Artinya diperlakukan sebaik mungkin,” kata dia.

Dengan demikian, diharapkan calon jamaah haji asal Indonesia bisa aman dan nyaman melaksanakan ibadah haji. “Paling penting, dukungan penuh dari pemerintah Indonesia untuk bisa menyetujui proses keimigrasian baru ini,” ujar dia.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar Ali memastikan sistem perekaman biometrik mempermudah dan mempersingkat waktu yang dibutuhkan seorang calon jamaah haji di imigrasi. “Nanti prosesnya cepat sekali,”kata dia.

Namun, ia mengatakan, KSA berencana merekam 20 persen dari 225.100 calon jamaah haji asal Indonesia. Ia mengatakan Kemenag RI mengupayakan KSA bersedia merekam 100 persen data biometrik dari calhaj Indonesia. (hsm/kuh)

sumber : ihram.co.id

Hasyim
By Hasyim May 26, 2018 16:27
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

<

Recent Comments

  • Rapi Ramlan

    Rapi Ramlan

    Alhamdulillah muassasa haji beserta kedubes kita solid terus bisa melayani tamu allaah swt dengan baik penuh dedikasi

    View Article
  • Arbain S

    Arbain S

    Kapan pengumumannya Pak ...

    View Article
  • Andy Tamer

    Andy Tamer

    Smg kita bisa lebih memaximalkan kinerja petugas transportasi untuk melayani duyuf al rahman d th 2018 ini amien,...

    View Article