Tiga Hari Masa Pemulangan Berjalan Lancar, Meski Sering Ditemukan Ini di Tas Jemaah

Hasyim
By Hasyim September 8, 2017 17:08

Tiga Hari Masa Pemulangan Berjalan Lancar, Meski Sering Ditemukan Ini di Tas Jemaah

Kepala Daker Airport Arsyad Hidayat mengatakan proses pemulangan jemaah haji melalui Terminal Bandara Haji King Abdul Aiziz, Jeddah hingga tiga hari ini berjalan dengan lancar.

“Sampai saat ini belum ada pengaruh proses sweeping barang bawaan jemaah, baik yang dilarang atau overwight terhadap delay penerbangan pesawat,” katanya, Jumat (8/9).

Kendati demikian, Arsyad mengungkapkan masih banyak ditemukan barang jemaah yang dianggap terlarang seperti gunting, gunting kuku, air Zamzam yang dikemas dalam botol dan barang-barang berlebih saat dilakukan sweeping tas tentengan di plaza Bandara.

“Tapi kita tetap gencar mensosialisasikan kepada jemaah haji terkait barang-barang yang boleh dibawa dan yang tidak boleh dibawa,” imbuhnya.

Untuk diketahui, dalam tiga hari ini pemulangan jemaah haji ke Tanah Air sudah mencapai 14 ribu lebih yang terbagi dalam 35 kelompok terbang.

Sementara itu sebelumnya Kepala Daker Makkah Nasrullah Jasam juga telah melakukan peninjauan proses pemindaian (x ray) koper jemaah haji di PT Al Mazro’i Makkah. Al hasil ratusan koper terpaksa dibongkar karena terdeteksi membawa air Zamzam dalam beragam kemasan.

 

Untuk itu Nasrullah kembali mengimbau jemaah untuk tidak memasukan air Zamzam dalam koper bagasi. Menurutnya, para jemaah sudah disediakan air Zamzam 5 liter sesampainya di Tanah Air.

““Tadi kita lihat bersama, kita buka koper dan ternyata masih ada yang membawa air Zamzam. Ini tidak sesuai ketentuan. Padahal kita sudah menyampaikan berkali-kali. Demi keselamatan penerbangan jemaah dan kelancaran kepulangan jemaah, agar tidak memasukan air Zamzam,” ujarnya di Makkah sebagaimana dikutip dari kemanag.go,id, Jumat (08/09).

Nasrullah mengaku akan mengintensifkan kembali sosialisasi kepada jemaah melalui Ketua Sektor, Ketua Kloter, serta Ketua Rombongan dan Ketua Regu. Bahwa, membawa air Zamzam dalam koper dilarang karena dikhawatirkan menggangu keselamatan dan kelancaran penerbangan.

Kepada jemaah, Nasrullah mengingatkan bahwa koper yang terdeteksi akan dibongkar oleh petugas yang bekerja di PT Al Mazro’i. Itu dilakukan karena air Zamzam harus dikeluarkan.

Akan hal ini, Nasrullah meminta pihak Cargo untuk memastikan betul bahwa koper yang akan dibongkar itu memang diidentifikasi membawa air Zamzam. Jika tidak ada, jangan dibongkar.

“Tadi kita sudah ingatkan kalau memang tidak ada Zamzamnya, jangan dibongkar. Kalau yakin ada, silahkan dibongkar, tapi barang yang lain untuk dirapihkan kembali sehingga tidak ada yang tercecer. Pembongkaran memang membutuhkan waktu. Satu koper bisa sampai 10 – 15 menit untuk merapihkannya kembali sehingga ini menghambat,” tandasnya. (iyd/kuh)

Hasyim
By Hasyim September 8, 2017 17:08
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*