Tidak Ada Lagi Jemaah Indonesia Di Makkah

Zaky Mubaraq
By Zaky Mubaraq September 17, 2018 10:13

Tidak Ada Lagi Jemaah Indonesia Di Makkah

Sekitar 3000 jemaah haji Indonesia tergabung dalam 13 kloter  meninggalkan Mekkah menuju Madinah, Minggu (16/9/2018)  menandai selesainya operasionalisasi pelaksanaan haji di Mekkah.

Mereka diberangkatkan ke Madinah dengan bus-bus yang berangkat sepanjang hari. Pemberangkatan hari terakhir itu dimulai dengan Kloter 95 JKS yang berjumlah 410 orang mengawali pergerakan ke Madinah pukul 06.00 pagi dari Hotel Nazrah, kawasan Syisyah, Mekkah.

Satu jam kemudian, Kloter 91 SOC sebanyak 360 jemaah menyusul bergerak dari Hotel Saray Istambul 3/Binayah Al Fouz ke Madinah. Sebelas kloter lainnya berangkat ke Madinah sore hari pukul 15.00 hingga pukul 16.00.

Pelepasan  terakhir 3 kloter dari hotel Kiswah dihadiri oleh sejumlah pejabat Daker Mekkah termasuk Kadaker Endang Jumali, Kabid Transportasi PPIH Arab Saudi Subhan Cholid dan Kasie Perumahan Daker Mekkah Ihsan Faisal.

Kepala Bidang Transportasi PPIH Arab Saudi Subhan Cholid mengatakan ke 13 kloter terakhir itu diangkut ke Madinah dengan menggunakan 120 bus.

“Pemberangkatan 3 kloter terakhir yaitu Kloter 62 JKG, BTM 27 dan gabungan Kloter Medan dan Aceh dimulai sejak pukul 13.00.Disebabkan tiga kloter ini menempati satu hotel  maka proses pengaturan koper jemaah ke dalam bus harus antri, Jadi jika satu bus selesai, kami geser sehingga bus selanjuntya bisa masuk,”katanya.

Di tempat yang sama Kadaker  Mekkah Endang Jumali menyatakan pelepasan berjalan lancar meski ada satu dua jemaah yang tertinggal bus tetapi  oleh petugas jemaah diangkut untuk menyusul bus kelompoknya itu.

Jumali juga mengatakan sangat puas dengan kerjasama dengan pihak Maktab 70 yang memfasilitasi jemaah di Sektor 11 Daker Mekkah

Jemaah yang diangkut tersebut merupakan jemaah yang tiba paling akhir melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah.Di Madinah mereka akan tinggal 8- 9 hari.  Sedikitnya 114 ribu jemaah Indonesia tiba di Jeddah lebih dulu kemudian didorong ke Makkah dan kemudian ke Madinah selepas puncak haji sebelum pemulangan melalui Bandara Prince Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah.

Sebelumnya, sekitar 87 ribu jemaah yang tergabung dalam Gelombang I telah dipulangkan melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah setelah sebelumnya datang melalui Madinah dan digeser ke Makkah menjelang puncak haji.

Sementara itu  data yang dirilis Siskohat PPIH Arab Saudi pada Minggu (16/8/2018) pukul 10:00 WAS  mencatat 354 kloter dari keseluruhan 511 kloter diterbangkan ke tanah air. Mereka yang tergabung dalam 354 kloter itu sebanyak 142.450 jemaah dan 1.770 petugas yang mendampingi jemaah. Sedangkan jumlah jemaah wafat  mencapai 347 orang.

Seluruh petugas haji Daker Makkah pada Senin (17/9)  dijadwalkan menuju Tanah Air melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Total petugas yang akan pulang ke Tanah Air sebanyak 426 orang. (dsuita/p-ppih)

Zaky Mubaraq
By Zaky Mubaraq September 17, 2018 10:13
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*