Terima Kunjungan Menlu Arab Saudi, Presiden Jokowi Minta Tambahan Kuota Haji Direalisasikan

Slamet Sudiyanto
By Slamet Sudiyanto March 7, 2016 20:29

Terima Kunjungan Menlu Arab Saudi, Presiden Jokowi Minta Tambahan Kuota Haji Direalisasikan

Jakarta (07/03/2016) –Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Kunjungan Kehormatan dari Menteri Luar Negeri (Menlu) Kerajaan Arab Saudi Adel Bin Ahmed Al Jubeir, di tengah-tengah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa (LB) ke-5 Organisasi Kerjasama Islam (OKI), di JCC Senayan, Jakarta, Senin (07/03/2016). Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi meminta agar penambahan kuota haji bagi Indonesia dapat segera direalisasikan.

“Ide tersebut disambut baik oleh Menteri Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi. Dalam waktu dekat Menteri Agama akan diutus oleh Presiden ke Arab Saudi untuk merealisasikan rencana ini,” demikian penjelasan Tim Komunikasi Kepresidenan melaui rilis yang diterima Kementerian Agama (Kemenag).

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah melakukan kunjungan ke Saudi Arabia dan bertemu dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud di Jeddah, pada pertengahan September tahun lalu. Dalam pertemuan itu, Raja Salman menyampaikan kepada Presiden Jokowi bahwa kuota jemaah haji Indonesia akan ditambah sebanyak 10 ribu.

Sehubungan dengan renovasi Masjidil Haram, Arab Saudi mengeluarkan kebijakan pemotongan kuota haji seluruh negara pengirim jemaah haji, termasuk Indonesia, sebesar 20 persen dalam tiga tahun terakhir. Kuota normal Indonesia yang berjumlah 211 ribu, terkurangi menjadi hanya 168.800 sejak tahun 2013. Antrian jemaah haji pun menjadi semakin lama. Karena itu, tambahan kuota haji sebanyak 10 ribu ini sangat berarti karena diharapkan dapat mengurangi antrian jemaah haji.

Kemenag terus melakukan persiapan penyelenggaraan ibadah haji 2016. Serangkain pembahasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini dilakukan dengan Komisi VIII DPR RI.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama tim dari Direktorat Jenfderal Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah dijadwalkan akan segera bertolak ke Arab Saudi. Selain membawa mandat Presiden terkait realisasi penambahan kuota haji, Menag juga akan mengecek perkembangan persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, baik yang terkait akomodasi, transportasi, dan lainnya.

Selain soal tambahan kuota haji, kepada Menlu Saudi, Presiden Jokowi juga menyampaikan harapan Indonesia atas terciptanya perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah. “Sebagai sahabat dekat, Indonesia ingin mengajak Arab Saudi untuk terus menyebar-luaskan Islam yang Rahmatan lil Alamin dan pesan-pesan perdamian. Indonesia senantiasa siap berkontribusi bagi terciptanya situasi yang kondusif di Timur Tengah,” ucap Presiden. (sinhat/ss)

Slamet Sudiyanto
By Slamet Sudiyanto March 7, 2016 20:29
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*