Penyelenggaraan Haji 2018 Semakin Mendekat, Dityanlu Koordinasi Dengan Muasasah Asteng

Hasyim
By Hasyim March 15, 2018 16:24

Penyelenggaraan Haji 2018 Semakin Mendekat, Dityanlu Koordinasi Dengan Muasasah Asteng

Mekkah (KUHI) – Penyelenggaraan ibadah haji tahun 1439H/2018M semakin mendekat, keberhasilan dan kesuksesan pelayanan ibadah haji sangat tentukan oleh koordinasi antar instansi terkait dengan berbagai dukungan pelayanannya. Sebagaimana pertemuan pada hari ini (Rabu, 14 Maret), di Wisma Haji Makkah, Sri Ilham Lubis, Direktur pelayanan Haji Luar Negeri didamping Ahmad Dumyathi Bashori, Staf Teknis Haji I dan Amin Handoyo, STH II, melakukan rapat koordinasi dengan Muasasah Asia Tenggara.

Dalam rapat koordinasi yang berlangsung selama hampir 2 jam, Sri Ilham Lubis memaparkan terkait evaluasi penyelenggaraan ibadah haji tahun 1438H/2017M. Beliau memaparkan bahwa kepuasan jemaah haji terhadap pelayanan ibadah haji tahun 2017 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, peningkatan ini atas kerjasama yang baik dengan berbagai pihak, termasuk dari pihak muasasah Asia Tenggara.

Dari penilaian kepuasan tahun 2017 yang dilakukan oleh jemaah haji, masih ada yang harus ditingkatkan, khususnya pelayanan operasional haji di Arafah dan Mina, beberapa masalah yang ingin ditingkatkan antara lain, peningkatan mistfan di Arafah dan penambahan keberadaan toilet di Mina.
“Dari hasil survei terhadap jemaah haji Indonesia, ada keinginan agar di Mina perlu ditingkatkan jumlah toilet pada setiap maktab” ujar Ibu Sri Ilham dalam paparannya.

Menanggapi hal tersebut, Muhammad Amin Indragiri, dari Muasasah Asia Tenggara mengatakan bahwa Pemerintah Arab Saudi memberikan apresiasi yang tinggi terhadap para misi haji, khususnya yang dari Asia atas kesuksesan musim haji tahun 1438H/2017 M. Lanjutnya ia akan berusaha memberikan peningkatan pelayanan terhadap para tamu Allah agar ibadah haji lebih baik lagi.

Sesuai dengan rencana perjalanan haji, Jemaah haji Indonesia akan tiba di Arab Saudi pada tanggal 17 Juli 2018. Dengan waktu yang semakin mendekat, persiapan-persiapan pelayanan haji mulai bergerak, sehingga harapannya semakin baik pelayanan haji tahun ini.(edy/kuh)

Hasyim
By Hasyim March 15, 2018 16:24
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*