Penanganan Jemaah Haji Sakit di Arab Saudi

iyan
By iyan October 12, 2017 17:04

Penanganan Jemaah Haji Sakit di Arab Saudi

Jeddah (KUHI) – Masa operasional haji tahun 1438H/2017M telah selesai, Jemaah haji pun sudah kembali ke tanah air. Namun demikian, masih ada beberapa Jemaah yang berada di Arab Saudi. Apa sebabnya?.

Staf Teknis Haji I KJRI Jeddah, Dr. Ahmad Dumyathi Bashori menginformasikan, bahwa sampai dengan hari ini masih ada beberapa Jemaah haji yang menjalani perawatan medis di beberapa rumah sakit Arab Saudi. Tercatat sampai dengan hari ini, kamis (12/10) ada 54 pasien. Sebanyak 6 pasien dirawat di RS Jeddah, 24 pasien di RS Makkah, sedangkan di RS Madinah  ada 24 pasien.

Ditanya mengenai penanganannya, Dumyathi mengatakan bahwa Kantor Urusan Haji telah melakukan rapat koordinasi pada hari Selasa lalu (10/10) bersama Tim Visitasi Kemenkes RI sebagai respon cepat menangani Jemaah haji sakit. Rapat dihadiri oleh seluruh Staf Teknis Haji KJRI Jeddah, Pegawai KUH dan Tim Visitasi Kemenag RI.

“Saya rasa kita perlu berkoordinasi dengan baik, sehingga tidak terjadi miskomunikasi. Hal-hal yang berkaitan dengan administrasi akan ditangani oleh KUH, sedangkan Tim Visitasi fokus pada kondisi dan kesehatan Jemaah haji sakit,” jelasnya saat rapat berlangsung (10/10).

Senada dengan hal tersebut, Staf Teknis Haji III, Akhmad Jauhari menyampaikan bahwa saat ini, penanganan terfokus pada 3 hal; informasi Jemaah haji sakit, optimalisasi tim visitasi dan update perkembangan kondisi Jemaah haji. Ia juga menghimbau agar setiap Jemaah haji yang dirawat di rumah sakit perlu mendapatkan perhatian khusus.

“setiap pasien hendaknya dikunjungi setiap hari dan diberikan motivasi agar dapat mengurangi strees dan dapat mempercepat proses recovery mereka, karena kehadiran kita menjadi penyemangat mereka,” ujarnya.

Kedua tim dari unsur Kementerian Agama melalui Kantor Urusan Haji Jeddah dan Kementerian Kesehatan melalui Tim Visitasi akan terus melakukan koordinasi untuk penanganan seluruh jemaah haji sakit yang masih tersisa di Arab Saudi serta pemulangannya ke tanah air. (yan/kuh)

iyan
By iyan October 12, 2017 17:04
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*