Malam Ta’aruf, Kadaker Bandara Minta Jajarannya Kompak Dan Bersatu

Zaky Mubaraq
By Zaky Mubaraq July 17, 2018 07:38

Malam Ta’aruf, Kadaker Bandara Minta Jajarannya Kompak Dan Bersatu

Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara PPIH Arab Saudi Arsyad Hidayat mengajak seluruh petugas haji yang berada dibawah kepemimpinannya untuk senantiasa menjaga persatuan dan kekompakan dalam melaksanakan tugas utama mereka sebagai pelayan tamu Allah pada musim haji 2018.

Sehari menjelang kedatangan Kloter Pertama Haji yang akan mendarat di Bandara AMA Madinah seluruh petugas yang bertugas di Daker Bandara telah melakukan konsolidasi dan orientasi lapangan yang bertujuan untuk memperkuat persatuan diantara sesama petugas saat melaksanakan tugas, kata Hidayat.

“Pada pagi hari tadi, kami telah melakukan konsolidasi seluruh anggota baik anggota PPIH dari Jakarta maupun tenaga Temus Arab Saudi,” kata Hidayat usai memimpin malam ta”aruf (Malam Perkenalan) Daker Bandara dan Daker Madinah di Wisma Haji Indonesia, Senin malam.
“Nah setelah itu kami bersama sama melakukan orientasi lapangan karena pada tahun 2018 ini Bandara Madinah membuka jalur “fast track” kepada jemaah yang berasal dari Embarkasi Jakarta Garuda Pondok Gede dan embarkasi Jakarta Saudia Bekasi,” katanya
Fasilitas jalur cepat ini merupakan pertama kali digunakan yang akan mempersingkat proses keluar jemaah sehingga tidak terjadi penumpukan di satu tempat, ujar Hidayat.

Penerbangan ke Arab Saudi yang memakan waktu 9-12 jam tentu akan menyebabkan kelelahan. Dengan fast track ini waktu proses keimigrasian di Bandara akan menjadi lebih singkat. Tinggal memberi “stamp” saja pada passport jemaah, ujarnya.

“Tentu saja masih ada pemeriksaan untuk tas tas yang masuk ke kabin, tetapi itu prosesnya tidak akan lama, kalau dahulu memakan waktu 1- 2 jam, sekarang mungkin hanya 15 sampai 30 menit. Ini memangkas waktu yang sangat signifikan,” katanya.

Dari hasil pemantauan berbagai fasilitas Bandara, Hidayat mengatakan pihaknya sangat puas dengan kelengkapan fasilitas yang ada telah disiapkan pihak Otoritas Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz itu.

Persiapannya sangat bagus, fasilitas ruang tunggu menuju giliran masuk bus dilengkapi fasilitas ruang tunggu, mushola dan toilet,” katanya
Selain itu Petugas Haji di Daker Bandara juga telah mempersiapkan stiker khusus yang akan ditempelkan di koper koper jemaah.

“Stiker yang nantinya akan ditempel itu berwarna berbeda beda tergantung tempat akomodasi jemaah,” kata Hidayat dengan menambahkan hal tersebut juga akan mempersingkat waktu pendistribusian koper kepada pemilik masing-masing ke hotel-hotel tempat mereka menginap.(Budi-Dsuita/P-PPIH)

Zaky Mubaraq
By Zaky Mubaraq July 17, 2018 07:38
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*