Lagi, 3 Jemaah Umrah Terlantar di Jeddah

Kurniawan
By Kurniawan May 23, 2017 17:51

Lagi, 3 Jemaah Umrah Terlantar di Jeddah

Jeddah (KUHI) – Hati-hati dan waspadalah ketika hendak mendaftar umrah, pastikan 5 hal. Pertama pastikan travelnya berizin umrah, kedua pastikan jadwal dan penerbangannya, ketiga pastikan harga dan paket layanannya, keempat pastikan hotelnya dan terakhir pastikan visanya. Demikian pesan Kementerian Agama RI kepada calon jemaah umrah ketika hendak melaksanakan ibadah umrah. Sebagaimana terdapat di websitenya http://haji.kemenag.go.id/v3/

Jika tidak hati-hati dan waspada, penipuan akan terus terjadi sebagaimana yang dialami oleh SB dan AH asal Medan Sumatera Utara dan IA asal Aceh. Ketiga jemaah tersebut hingga saat ini belum dipulangkan ke Indonesia oleh travel yang memberangkatkannya. Adalah PT. JF yang memberangkatkan ketiganya ke Arab Saudi, namun hingga kini sudah lebih dari seminggu dari jadwal kepulangan, yang bersangkutan belum juga dipulangkan. “ Mestinya kami pulang seminggu yang lalu, tapi hingga hari ini belum juga dipulangkan”, ungkap IA kepada kantorurusanhaji.com

Hal itu dibenarkan oleh SB, menurutnya travel JF sudah menelantarkan dirinya dan kedua jemaah lainnya karena hingga hari ini (23/05), belum juga dipulangkan. “Sudah satu minggu kami disini (Jeddah) pak, uang kami sudah tidak punya, cari makan kami susah karena tidak ada uang, Alhamdulillah untuk makan kami dikasih roti, namun terkadang ada saja orang yang merasa kasian dengan kami memberi kami uang”, ungkap SB ketika melapor ke Teknis Haji KJRI Jeddah.

SB membeberkan bahwa suami dan anak direktur JF saat ini sudah di tahan pihak keamanan. Sementara itu direktur JF hingga saat ini masih berada di salah satu hotel di Jeddah. “Direkturnya bunda IC sekarang masih ada di hotel Jeddah, karena jika pulang ke Indonesia bunda IC akan langsung ditangkap polisi”, ujar SB. SB menceritakan bahwa dirinya diberangkatkan umrah oleh bunda IC secara Cuma-Cuma, gratis. Namun dia diminta bunda IC untuk membayar uang sebesar 12 juta rupiah.

“Saya berangkat umrah gratis, tapi ketika akan berangkat ke Saudi kemarin saya dimintai uang sebesar 5 juta oleh bunda, saya bilang saya tidak punya uang. Eh setelah mau pulang kemarin, saya dimintai uang lagi sebesar 12 juta. Saya bilang saya nggak punya uang dan memang saya nggak punya uang.” Ujar SB.

Hingga berita ini ditulis, belum ada kejelasan dari travel JF mengenai kapan akan dipulangkannya ketiga jemaah umrah tersebut. Teknis Haji mengkonfirmasi lewat telepon ke direktur JF, namun sayang handphone yang bersangkutan tidak aktif. (wan/kuh)

Kurniawan
By Kurniawan May 23, 2017 17:51
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*