Jemaah Haji Yang Akan Pulang Perlu Menjaga Paspor

Hasyim
By Hasyim September 24, 2017 13:56

Jemaah Haji Yang Akan Pulang Perlu Menjaga Paspor

Paspor adalah salah satu dokumen yang diberikan negara sebagai syarat penerbangan ke luar negeri. Maka setiap jemaah haji perlu menjaga paspornya dengan baik agar tidak mengalami kendala saat pemberangkatan dan kepulangan.

Jika paspor mengalami kerusakan atau hilang, maka sebagai penggantinya adalah surat perjalanan laksana paspor (SPLP) yang akan dibuatkan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah.

Seperti halnya yang dialami Ibu Choiriyah Jemaah haji asal SUB 55 yang harus rela kepulangannya tertunda karena paspor miliknya terbawa oleh jemaah haji lainnya. Seharusnya wanita kelahiran Mei 1960 tersebut harus terbang pukul 10:00 pagi menggunakan maskapai SV 5712.

Kronologis hilangnya paspor milik Ibu Choiriyah terbilang cukup pelik, pasalnya saat masih berada di area loby bea cukai, paspor masih dipegang. Namun saat itu ada pembagian Al Quran gratis dan memasukan paspor ke dalam lipatan Al Quran.

Hingga akhirnya paspor tersebut tidak dimasukan kembali ke dalam tas yang dikalungkan sehingga saat melewati x ray dan imigrasi, Al Quran yang berisi paspor itu terbawa oleh jemaah yang lain.

Kini ibu yang mengaku sudah kangen dengan anak cucunya itu harus pasrah bersabar memendam rindu yang selama ini terpendam sambil menunggu proses administrasi penerbangan selesai.(hsm/kuh)

Hasyim
By Hasyim September 24, 2017 13:56
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*