Inilah Kendaraan Operasional Haji 2017 Teknis Haji Jeddah

Kurniawan
By Kurniawan May 15, 2017 14:59

Inilah Kendaraan Operasional Haji 2017 Teknis Haji Jeddah

Jeddah (KUHI) – Teknis Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia Jeddah terus menyiapkan segala persiapapan untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun 2017 ini.  Diantara persiapan tersebut adalah persiapan kendaraan baik yang akan digunakan sebagian jemaah haji yang nyasar  tersesat jalan, jemaah haji uzur dan sakit. Maupun kendaraan operasional yang akan digunakan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia demi kelancaran tugas dalam melayani jemaah hajinya.

Teknis Haji KJRI Jeddah memiliki 136 kendaraan roda empat. Dari 136 kendaraan tersebut, hanya 84 kendaraan yang layak dioperasikan pada pelaksanaan musim haji tahun ini.  Sedangkan 52 kendaraan kondisinya rusak berat, tidak dapat digunakan. “Mobil tersebut mobil tua keluaran antara tahun 1985 hingga tahun 1995 yang kondisinya rusak berat dan tidak dapat digunakan lagi”, ungkap Fahmi Badri Kepala Kendaraan Teknis Haji KJRI Jeddah.

Kendaraan yang layak dipergunakan adalah kedaraan yang sudah memenuhi standard keamanaan dan keselematan berkendara dan telah diuji serta diperiksa secara berkala oleh Pemeriksa Kendaraan Berkala resmi Arab Saudi. Hal itu dibuktikan dengan satu lembar kertas yang menerangkan kendaraan layak dan sudah diuji dan diperiksa serta satu stiker yang ditempel di kaca depan di bagian penumpang.

Fahmi menambahkan, selain wajib mendapatkan sertifikat aman dan selamat, kendaraan juga harus diasuransikan. “Setiap kendaraan yang tidak memiliki sertifikat aman dan selamat serta tidak diasuransikan, maka hal itu melanggar aturan dan akan dikenakan denda”, tegas Fahmi.

Untuk itu, hingga saat ini Fahmi dan Yusuf Muliana serta Tohari Sayuti, selaku mekanik Teknis Haji terus melakukan perawatan berkala menyiapkan kendaraan operasional haji yang dibantu oleh 5 mekanik luar yang disewa Teknis Haji. “Ini dilakukan untuk memperlancar perbaikan-perbaikan serta perawatan dan pemeliharaan  kendaraan yang harus dilakukan secara kontinyu sehingga diharapkan dapat memperlancar opersional haji nantinya”, jelas Fahmi. (wan/kuh)

Kurniawan
By Kurniawan May 15, 2017 14:59
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*