Harapan Gus Sholah Untuk Jemaah Haji: Semoga Lancar dan Jadi Haji Mabrur

Zaky Mubaraq
By Zaky Mubaraq August 27, 2017 09:36

Harapan Gus Sholah Untuk Jemaah Haji: Semoga Lancar dan Jadi Haji Mabrur

KH. Salahuddin Wahid atau biasa akrab disapa Gus Sholah tahun ini ikut berhaji atas undangan penjaga dua kota suci Makkah dan Madinah, Raja Salman.

Pengasuh pondok pesantren Tebuireng itu bersama sang istri tiba di bandara Internasional King Abdul Aziz, pada Rabu (23/8).

Gus Sholah berharap haji tahun ini berjalan dengan lancar. “Semoga pemerintah memberikan layanan terbaik kepada jemaah, berjalan dengan lancar sehingga menjadi haji yang mabrur,” ujarnya di Makkah yang juga sedang menerima kunjungan Menteri Agama Lukman Hakim, Sabtu (26/8).

Menurutnya, haji yang mabrur bisa memberi pengaruh perilaku kepada positif dalam kehidupan.

“Fungsi dari setiap ibadah memperbaiki ahlak. Bukan hanya berhaji, tapi juga shalat dan ibadah lainnya,” tutur Gus Sholah yang menggunakan koko putih dan peci hitam.

Haji tahun ini merupakan kali kedua bagi Gus Sholah. Sebelumnya, adik kandung Almarhum KH. Abdurahman Wahid (Gusdur) ini pernah menunaikan rukun islam ke lima pada tahun 1974.

“Tahun lalu diundang kerajaan Saudi untuk umrah tapi saya sedang sakit. Maka sebagai gantinya haji tahun ini. Sebenarnya hajian cukup sekali saja, tapi karena ini undangan Raja dan tidak mengambil kuota jemaah, maka tidak bisa ditolak,” ungkapnya.

Selain Gus Sholah, kerajaan Arab Saudi juga mengundang 51 jemaah haji termasuk santri penghafal Al Quran dari Tebuireng sebagai undangan khusus dari Raja.(Iyad/KUH)

Zaky Mubaraq
By Zaky Mubaraq August 27, 2017 09:36
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*