Ditangani Dengan Cepat, Akhirnya Jemaah Umroh Terlantar Pulang Malam ini

Zaky Mubaraq
By Zaky Mubaraq January 14, 2018 22:15

Ditangani Dengan Cepat, Akhirnya Jemaah Umroh Terlantar Pulang Malam ini

Jeddah KUHI – Sore ini (14/1) akhirnya ada kejelasan nasib dari Jemaah Umroh yang sejak  dua hari lalu ditelantarkan oleh perusahaan travel PT S yang mereka gunakan untuk berangkat ke Arab Saudi. Ahmad Dumyathi Bashori, Konsul Haji KJRI Jeddah sebelumnya mengabarkan bahwa siang tadi pengurusan tiket sudah dalam proses dan rencana akan berangkat malam ini sekitar jam 9 waktu Arab Saudi. Bagai gayung bersambut, pada pukul 5 sore waktu Arab Saudi, para pelayan tamu Allah di Kantor Urusan Haji (KUH ) KJRI Jeddah mempersiapkan keberangkatan para jamaah ke bandara Haji King Abdul Aziz Jeddah. Beberapa orang yang secara insidental telah tergabung dalam sebuah tim evakuasi berangkat mengiringi para Jemaah Umroh ke bandara.

Terlihat wajah cerah dari para Jemaah Umroh yang akhirnya akan kembali ke tanah air. Mereka sangat bersyukur karena telah dibantu mediasi dengan perusahaan travel dan provider visa serta mengawal proses kepulangan mereka hingga ke bandara. Seperti yang disampaikan Bu Aminah (38) kepada awak media KUH KJRI Jeddah, “Kami sangat bersyukur karena banyak dibantu oleh petugas dari KUH KJRI Jeddah yang telah memfasilitasi kami dengan baik di wisma KUH KJRI Jeddah, tidak seperti kata orang yang kalau diurus KJRI sangat lama sampai sebulan dan menginapnya di gudang, tidak seperti itu; prosesnya pun sangat cepat dalam hitungan jam, malam kita sampai di wisma KUH KJRI Jeddah, sorenya kita langsung diantar ke bandara”.

Pada kesempatan itu, Konsul Haji Ahmad Dumyathi Bashori mengkonfirmasi bahwa, “Pembiayaan tiket pulang Jemaah Umroh ini diperoleh dari Balubaid, provider visa yang digandeng oleh PT S yang digunakan oleh Jemaah.

Patut disyukuri oleh petugas KUH KJRI Jeddah bahwa proses penyelesaian kasus ini berjalan lancar. Tindakan yang dilakukan meliputi evakuasi jamaah dari hotel tempat menginap yang sudah mengusir mereka, membantu menghubungi pihak perusahaan travel, hingga mediasi dengan pihak provider sampai mereka mendapatkan tiket untuk kembali ke Indonesia. Dan semua proses itu dikawal langsung oleh Konsul Haji, sampai megantar Jemaah Umroh ke bandara.

Semua proses penaganganan kasus ini dapat berjalan dengan lancar karena sinergi antara petugas KUH KJRI Jeddah dan Jemaah Umroh yang berjalan dengan komunikatif dan kooperatif. Sehingga segala persoalan yang dialami oleh Jemaah Umroh ketika sudah berada di wilayah Arab Saudi segera diketahui oleh petugas KUH KJRI Jedah dan segera ditangani.(zky/kuh)

Zaky Mubaraq
By Zaky Mubaraq January 14, 2018 22:15
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*