Ditabrak Mobil Saat Menyeberang, Jemaah Umrah Wafat

Hasyim
By Hasyim April 24, 2018 18:04

Ditabrak Mobil Saat Menyeberang, Jemaah Umrah Wafat

Jeddah (KUHI) – Pada Hari Selasa, 24 April 2018 pukul 15.50 WAS, telah terjadi kecelakaan jemaah umrah suami istri akibat tertabrak mobil yang melaju kencang di jalan raya depan pusat perbelanjaan Cornice atau Pasar Balad, Jeddah, Arab Saudi. Satuan Tugas Penanganan Jamaah Umrah (SPJU) Kantor Urusan Haji Indonesia (KUHI) KJRI Jeddah Fahmi Badri mendapatkan kabar via telepon dari WNI domisili Arab Saudi, ketika mereka berada di sekitar cornes dipusat perbelanjaan balad tepatnya samping jalan raya restoran Bang Udin. “Pak ini ada jemaah umrah dari travel Indonesia ditabrak belakang bakso bang udin,” ujar WNI via telepon kepada salah satu satgas penanganan Jemaah Umrah.

Mendapat kabar adanya kecelakaan yang menimpa 2 jemaah Umrah, Staf Teknis Haji I KJRI Jeddah Ahmad Dumyathi Bashori menugaskan Tim satuan tugas penanganan jemaah umrah agar langsung bergagas menuju lokasi kecelakaan, namun jemaah sudah dievakuasi oleh ambulance palang merah Arab Saudi ke rumah sakit.

Satgas umrah langsung menuju rumah sakit King Fahad namun jemaah tidak dibawa ke RS tersebut, arahan dari pihak RS agar menuju ke King Abdul Aziz wilayah Mahjar, hal yang sama dinyatakan tidak ada keberadaannya. Dengan bantuan dari staf RS King Abdul Aziz atas nama Mahir Alsulami menghubungi palang merah, ternyata jemaah umrah ada di RS  swasta International Medical Center (IMC) Jeddah. Lalu satgas tersebut menuju RS untuk memastikan kondisi jemaah umrah yang mengalami kecelakaan.

Akibat kecelakaan jemaah umrah suami istri tersebut, dokter menyatakan bahwasnya Istri atas nama Dartina Jamahir Uce no. Paspor B 8599667 asal Padang dinyatakan meninggal dunia saat dilokasi kejadiaan, Korban kedua mengalami kritis (suami) masih dalam perawatan ICU rumah sakit atas nama Roslim Madjid Abdul Amin no. Paspor B 8599668.

Jemaah umrah tersebut datang ke Arab Saudi dengan PT. Siar Haramain International Wisata yang merupakan Perusahaan Biro Perjalanan berkantor pusat di Medan. Hampir bisa dipastikan, rombongan jamaah Indonesia mampir dulu ke Balad sebelum meneruskan perjalanan ke bandara internasional King Abdulaziz Jeddah untuk pulang ke Tanah Air. Pasar Balad dengan Cornice-nya selama ini menjadi tempat favorit belanja oleh-oleh khas bagi jamaah umrah maupun haji asal Indonesia.

Namun Allah berkehendak lain, mereka tak bisa menghindar ketika sebuah mobil sedan tengah melaju dengan kencang dan lalu menabraknya.

Mengingat sangat ramainya Cornice oleh pengunjung (peziarah dan jamaah), ada baiknya pemerintah Kota Jeddah memikirkan untuk menata ulang denah penyeberangan jalan depan pusat perbelanjaan terpopuler ini. Membangun sarana penyeberangan di bawah tanah atau jembatan, bisa menjadi alternatif yang baik.

Dengan demikian, di sinilah peran para pemandu perjalanan (tour leader) dibutuhkan. Mereka hendaknya jangan bosan untuk selalu mengingatkan agar jamaah berhati-hati ketika menyeberang jalan dari dan ke Cornice. Atau, diupayakan selalu ada pendampingan pada rombongan jamaah.(hsm/kuh)

 

Hasyim
By Hasyim April 24, 2018 18:04
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*