Dari 33 Jemaah Umrah Sakit, Sementara 10 Jemaah Yang Sudah Pulang Ke Tanah Air

Hasyim
By Hasyim May 1, 2018 18:05

Dari 33 Jemaah Umrah Sakit, Sementara 10 Jemaah Yang Sudah Pulang Ke Tanah Air

Jeddah (KUHI) – Kantor Teknis Urusan Haji-KJRI Jeddah mencatat dari awal tahun 2018 hingga akhir April 2018 terjadi sedikitnya 33 jemaah umrah sakit di Arab Saudi (1/05).

Ahmad Dumyathi Bashori, Staf Teknis Haji I KJRI Jeddah mengatakan dari kasus umrah yang telah terjadi sejak awal tahun 2018 sementara 33 jemaah umrah atau gagal kembali ke Indonesia, antara lain 9 jemaah umrah wafat dan 14 jemaah umrah sakit. 10 jemaah umrah sudah keluar dari rumah sakit dan dinyatakan layak terbang oleh rumah sakit dengan mendapatkan izin dari Medical Information Form (MEDIF) yang dikeluarkan pihak berwenang dan sekaligus menjadi syarat kelaikan terbang maskapai untuk kembali ke Indonesia.

Bagi jemaah umrah yang wafat karena sakit hingga akhir April 2018, ada sebanyak 9 jemaah umrah. Proses pemakaman jemaah wafat dilakukan di Arab Saudi sebagaimana ketentuan yang berlaku di Arab Saudi. Proses pemakaman dilakukan setelah Kantor Teknis Urusan Haji KJRI Jeddah menginformasikan berita duka kepada masing-masing keluarga almarhum.

Data tersebut adalah informasi yang didapat dari proaktif jemaah umrah yang melapor ke Kantor Teknis Urusan Haji. Maka diharapkan kepada segenap travel umrah untuk melaporkan kedatangan atau ketibaan ketika sampai ke Arab Saudi agar Kantor Teknis Haji KJRI Jeddah dapat memberikan pendampingan segera mungkin jika terjadi permasalahan jemaah umrah.

Dengan demikian, sosialisasi kepada jamaah umrah agar menjaga kondisi kesehatan saat beribadah ke Tanah Suci harus rutin digaungkan, Bahkan pada saat sekarang karena kondisi Madinah dan Makkah  sudah memasuki fase musim panas, harapannya agar jamaah umrah bisa menjaga kesehatannya dan kembali ke Tanah Air tanpa ada kendala. (hsm/kuh)

Hasyim
By Hasyim May 1, 2018 18:05
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*