Dalam Ka’bah Menag Doakan Kesejahteraan Bangsa

Zaky Mubaraq
By Zaky Mubaraq September 25, 2018 15:40

Dalam Ka’bah Menag Doakan Kesejahteraan Bangsa

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan dirinya memanjatkan doa-doa terbaik untuk kesejahteraan dan kebaikan bangsa Indonesia ketika berada di dalam Ka’bah.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini saya selaku Menteri Agama dan juga Amirul Hajj Indonesia 2018 diberi kesempatan untuk masuk ke dalam Kabah. Di dalam Kabah saya memanjatkan doa yang terbaik. Doa kesejahteraan dan kebaikan bangsa dan masyarakat Indonesia,” kata Menag usai mengikuti rangkaian acara Pencucian Kabah, di Mekkah, Selasa (24/9/2018)

Dipaparkan Menteri, undangan dari Kementerian Haji Arab Saudi  tersebut tidak hanya  kehormatan   untuk dirinya pribadi tetapi juga untuk bangsa Indonesia.

“Saya merasa sangat bersyukur sekali diberi kesempatan ini.  Saya sangat sulit  mengekspresikan perasaan saat berada di dalam Kabah,”katanya dengan menambahkan pengalaman masuk kabah ini merupakan  pengalaman pertamanya.

Meski  secara fisik hanya berupa bangunan,  ujar Saifuddin, tetapi Kabah memiliki simbol dan makna yang sangat mendalam bagi setiap Muslim.

Kabah merupakan kiblat seluruh umat Islam. Setidaknya lima kali sehari seorang Muslim sholat menghadap Kabah, ujar dia.

Ketika ditanya seperti apa isi Kabah yang dibangun oleh Nabi Ibrahim A.S. itu , Menag menjelaskan isi Kabah baik dinding dan lantainya terbuat dari marmer yang sangat bersih dan wangi.

Selama berada di dalam Kabah, Menag melaksanakan sholat sunnah dua rakaat sebanyak empat kali di setiap sudut bangunan.

Upacara pencucian Kabah dan penurunan Kiswah Kabah yang dihadiri oleh Menag dan sejumlah tamu VIP lainnya itu langsung dipimpin oleh Gubernur Mekkah Pangeran Khalid bin Faisal Al Saud dan Imam Masjidil Haram Syekh Abdurrahman As Sudais,

Sepekan menjelang kedatangan jemaah haji dari seluruh dunia,  bagian bawah Kiswah Ka’bah diangkat . Pengangkatan kiswah Ka’bah rutin dilakukan selama musim haji dalam rangka penghormatan dan menjaga kebersihan Kiswah Kabah. Selain itu, pengangkatan dilakukan juga untuk menghindari tindakan yang tidak diharapkan dari jemaah haji.

Bagian Kiswah yang diangkat lalu ditutupi dengan kain putih sepanjang 47 meter. Posisinya akan dikembalikan sebagaimana semula  setelah usai musim haji. (dsuita/p-ppih)

Zaky Mubaraq
By Zaky Mubaraq September 25, 2018 15:40
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*