BPS Rampungkan Survei Kepuasan Indeks Jemaah Haji 2018

Zaky Mubaraq
By Zaky Mubaraq September 25, 2018 13:54

BPS Rampungkan Survei Kepuasan Indeks Jemaah Haji 2018

Badan Pusat Statistik (BPS) telah merampungkan dan memprediksikan hasil survei Indeks Kepuasan Jemaah Haji 2018 dapat diumumkan akhir Oktober mendatang.
“Hasil Survei Indeks Kepuasan Jemaah Haji 2018  dipredikiskan sudah dapat diketahui publik akhir Oktober nanti,” Koordinator Tim Suvei Indeks Kepuasan Haji 2018 Edi Prawoto menjelang kepulangan ke Tanah Air, di Madinah, Senin (24/9/2018).
Sebanyak 25 ribu kuesioner disebar ke responden terpilih dalam kegiatan survei yang dimulai sejak kedatangan kloter pertama Gelombang I pertengahan Juli lalu hingga kepulangan Kloter terakhir, katanya.
Prawoto  menjelaskan alur survey yang diawali dengan jemaah haji dari regu terpilih akan menerima kuosioner dari ketua regu masing-masing. Setelah itu, katanya kuesioner diisi sesuai petunjuk yang ada.
“Kuesioner yang telah diisi lengkap dikembalikan kepada ketua regu dan  ketua regu memasukkan kuesioner yang telah diisi ke dalam amplop besar,” kata dia.
Ketua regu menyerahkan dokumen hasil pengisian kepada ketua kloter dan terakhir ketua kloter menyerahkan ke petugas di sektor, ujar Prawoto.
Apa yang ditanyakan dalan survei adalah mengenai standar pelayanan minimal (pemondokan, katering dan transportasi), pelayanan kesehatan di sektor dan pelayanan kesehatan di KKHI.
Untuk mengukur kesetujuan atau ketidaksetujuan responden, survei menggunakan  skala likert 1-5 dengan metode sampling error 5 persen.
Menurut Prawoto, jemaah haji sangat kooperatif dan antusias dalam mengisi kuesioner.
“Kendala yang dihadapi paling-paling  keluhan Ketua Kloter yang merasa mendapat.tambahan tugas dengan kegiatan survei ini,”katanya.
Tim survei BPS terdiri dari lima petugas yang bekerja secara simultan mengikuti perjalanan jemaah di Madinah, Mekkah, Armuzna dan Bandara.
BPS diminta Kemenag untuk melakukan survei  Indeks Kepuasan Jemaah Haji sejak tahun 2010.
Prawoto.mengatakan petugas BPS bekerja secara professional sehingga hasil.survei dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menargetkan Indeks Kepuasan Jemaah Haji 2018 ini bisa meningkat di angka 85 persen.
Pada 2017 lalu, Indeks Kepuasan Jemaah Haji menyentuh angka 84,85 persen naik dari tahun sebelumnya 2016 yakni 83,83 persen.(dsuita/p-ppih)

Zaky Mubaraq
By Zaky Mubaraq September 25, 2018 13:54
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*