Angkutan Haji 2016 Kemenag dan Garuda Tandatangani Perjanjian

Slamet Sudiyanto
By Slamet Sudiyanto May 24, 2016 16:25

Angkutan Haji 2016 Kemenag dan Garuda Tandatangani Perjanjian

Jakarta (KUHI )–Kementerian Agama (Kemenag) dan PT Garuda Indonesia tandatangani Perjanjian Pengangkutan Udara Haji 2016. Penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT Garuda Indonesia Arif Wibowo, sementara pihak Kemenag oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil di Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta, Selasa (24/05/2016).

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Syam yang menyaksikan penandatanganan perjanjian tersebut mengatakan bahwa transportasi haji memiliki peran vital, karena pelaksanaan haji salah satunya ditentukan oleh kerjasama Kemenag dengan PT Garuda Indonesia dalam penyediaan layanan transportasi udara haji selain dengan Saudia Arabian Arilines.
“Ini (penandatanganan perjanjian) menjadi momentum penting, setelah penentuan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) beberapa waktu lalu, karena ini (BPIH) menjadi dasar penentuan penyelenggaraan haji selanjutnya. Untuk itu, upaya yang dilakukan DitjenPHU patut kita apresiasi,” kata Sekjen.
Dikatakan Sekjen, setidaknya ada tiga hal yang menjadi catatan dalam momentum ini. Pertama, ada beberapa prinsip kerjasama yang penting, dalam kerja sama ada prinsip memahami tugas dan tanggungjawab bersama.

“PT Garuda memiliki tugas mengantarkan jemaah haji, dan Kemenag memberikan kewajibannya kepada pihak Garuda sesuai ketentuan,” kata Sekjen.
“Kerja sama ini prinsipnya adalah prinsip taawanu alalbiiru wattaqwa, atau saling membantu untuk kebaikan dan taqwa,” katanya lagi.
Selanjutnya, sebagai prinsip kedua, ujar Nur Syam, program MoU atau perjanjian ini harus saling menguntungkan. Dan ketiga, memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah haji.
Menurut Nur Syam, hasil survei kepuasan haji tahun lalu oleh Badan Pusat Statistik (BPS), layanan transportasi udara haji dinilai sangat baik oleh jemaah, hanya yang jadi catatan, layanan transportasi lokal di Arab Saudi masih membutuhkan perhatian.

“Saat ini upaya peningkatan kualitas transportasi di Arab Saudi terus ditingkatkan, salah satunya dengan bus-bus yang baru dan upgrade juga peningkatan kualitas makanan jemaah dengan taste Indonesia,” kata Sekjen yang menjelaskan bahwa Kemenag juga akan melakukan survei kepuasan pelanggan Kemenag dengan menggandeng BPS.
Kepada Dirut Garuda, Sekjen berpesan agar awak kabin Garuda dalam hal ini pramugarinya untuk konsisten memberikan layanan terbaik bagi calon jemaah haji dengan prinsip 3s (salam, sapa, senyum). “Ini juga penting,” kata Sekjen.
“Dengan upaya perbaikan dan peningkatan kualitas layanan yang terus menerus, maka rating layanan haji semakin baik,” pungkasnya. (sinhat/slamet)

Slamet Sudiyanto
By Slamet Sudiyanto May 24, 2016 16:25
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*